Open top menu
Rabu, 21 Oktober 2015

MEDIA Sosial (Social Media) seperti Facebook, Twitter, dan Instagram merupakan situs pertemanan dan jejaring sosial. Namun, medsos juga dapat bimanfaatkan sebagai ajang bisnis online.

Menurut perusahaan domain dan keamanan internet, Verisign, saat ini pasar menunjukkan kecenderungan yang begitu sosial. Dalam keterangan resminya, Verisign mengemukakan, brand yang dikembangkan untuk bisnis bukanlah satu-satunya yang akan mempengaruhi bisnis.

"Para pelaku usaha menyadari kini mereka telah terhubung secara langsung dengan bisnis mereka, dan membangun personal brand secara online dapat membantu mereka mengikat peluang baru, menyampaikan pesan utama, dan meningkatkan kredibilitas bisnis mereka," katanya.

Dikemukiakan, Google juga mencatat kesempatan emas bagi para pelaku usaha untuk memulai personal branding secara online, mengingat baru hanya 75,000 dari 55,2 juta unit bisnis kecil-menengah (UKM) yang menjalankan bisnis mereka secara online di Indonesia,” tulis Verisign.

3 Tips Sukses Bisnis Online Lewat Media Sosial
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh UKM dan pelaku bisnis untuk mengembangkan personal brand dan brand bisnis melalui dunia maya.

1. Menentukan Brand (Merek) 
Pelaku bisnis e-commerce harus mampu menentukan brand untuk membedakan suatu bisnis dari rekan-rekan mereka dan memampukan mereka untuk memimpin opini.

Pelaku bisnis online dapat mendaftarkan nama domain atau alamat situs yang merepresentasikan pengusaha secara online.

Pelaku bisnis harus memilih ekstensi nama domain yang kredibel dan telah dikenal sehingga mampu mendukung personal brand mereka dan menampilkan kesan profesional yang dapat dipercaya.


2. Memilih Medium yang Tepat
Pelaku bisnis online harus mampu memilih medium yang tepat, memikirkan apakah media sosial yang telah ada sudah cukup mampu membawa pesan mereka, atau apakah fleksibilitas dan kontrol yang disediakan website pribadi lebih baik.

Menurut riset We Are Social 2015, beberapa orang memandang bahwa keduanya penting untuk mendapatkan pengenalan maksimum terhadap personal brand dan brand bisnis mereka. Di samping itu, menyediakan jangkauan yang luas bagi brand dapat membantu mereka memasarkan brand, khususnya di Indonesia dimana ada 72 juta pengguna aktif media sosial dengan penggunaan rata-rata mencapai 2 jam setiap harinya.

Jika UKM dan pelaku usaha menggunakan media sosial, mereka dapat meningkatkan halaman situs personal yang dipilih dengan melakukan redirecting, atau menunjukkannya pada halaman media sosial mereka.

3. Isi Pesan Konsisten 
Pelaku bisnis online harus konsisten dengan isi pesan mereka. Salah satu risiko terbesar terkait efektivitas personal brand yang juga dialami brand perusahaan atau produk UKM dan pelaku bisnis ialah konsistensi.

Sama halnya dengan brand perusahaan, personal brand yang kuat juga mengikuti beberapa prinsip dan pesan utama yang meliputi seluruh aspek pada eksekusi brand.

Konsistensi juga harus diterapkan pada ikatan yang dibentuk personal brand terhadap bisnis mereka. Ketika UKM dan pelaku usaha tidak ingin memasarkan produk perusahaan secara langsung melalui personal branding, mereka dapat membuat koneksi yang lebih tersamar melalui blog, social postings, dan konten lainnya yang berhubungan dengan personal brand dan brand perusahaan mereka.

Demikikian 3 Tips Sukses Bisnis Online Lewat Media Sosial, termasuk Blog.*
Tagged
Different Themes
Written by Admin

hubungi Kami

0 komentar